By Dr. Marsigit M.A.
Kesimpulan Membaca
Mengejar
praktek yang baik dalam cara mengajar matematika merupakan salah satu usaha
dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dimulai dari meningkatkan
kinerja guru dan menjadikan guru lebih profesional dalam hal mengajar. Pendidikan
di perguruan tinggi dengan mempersiapkan calon guru yang lebih terampil. Sehingga
dosen harus mengetahui tentang masalah yang dihadapi para guru. Dengan lesson
study sangat disarankan untuk mempromosikan praktek yang baik dan ilmu mengajar
matematika. Guru perlu membudayakan inovasi dalam proses belajar mengajar.
Siswa merasa tidak jenuh dan rileks dalam memperdalam ilmu pengetahuan. Akan tetapi
tidak luput dengan siswa yang diperhatikan. Mereka dilatik menjadi pelajar yang
aktif dan selalu mempunyai semangat dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Dalam
mengembangkan metode pembelajaran, guru perlu memikirkan bahan yang menarik,
rencana kegiatan mengajar yang interest, mempersiapkan tugas, mengembangkan
metode penilaian, dan memantau kemajuan prestasi siswa. Untuk mengembangkan
pengalaman mereka, para guru juga perlu berpartisipasi sering sedemikian macam
lokakarya atau seminar. Siswa diharapakan menikmati
proses belajar karena mereka terlibat dalam pembelajaran tersebut. Bahan pengajaran yang menarik juga meningkatkan motivasi siswa dan
minat belajar bahan. Oleh
karena itu perencanaan sangat diperlukan dalam suksesnya kegiatan mengajar dan
proses belajar. Tidak hanya sekedar materi yang diberikan kepada siswa, tetapi
lebih kepada proses bagaimana siswa dapat menelaah materi dengan baik. Dengan demikian
kemajuan di dunia pendidikan akan diraih.