Selasa, 29 November 2011

PURSUING GOOD PRACTICE OF SECONDARY MATHEMATICS EDUCATION THROUGH LESSON STUDIES IN INDONESIA


By Dr. Marsigit M.A.

Kesimpulan Membaca

Mengejar praktek yang baik dalam cara mengajar matematika merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dimulai dari meningkatkan kinerja guru dan menjadikan guru lebih profesional dalam hal mengajar. Pendidikan di perguruan tinggi dengan mempersiapkan calon guru yang lebih terampil. Sehingga dosen harus mengetahui tentang masalah yang dihadapi para guru. Dengan lesson study sangat disarankan untuk mempromosikan praktek yang baik dan ilmu mengajar matematika. Guru perlu membudayakan inovasi dalam proses belajar mengajar. Siswa merasa tidak jenuh dan rileks dalam memperdalam ilmu pengetahuan. Akan tetapi tidak luput dengan siswa yang diperhatikan. Mereka dilatik menjadi pelajar yang aktif dan selalu mempunyai semangat dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Dalam mengembangkan metode pembelajaran, guru perlu memikirkan bahan yang menarik, rencana kegiatan mengajar yang interest, mempersiapkan tugas, mengembangkan metode penilaian, dan memantau kemajuan prestasi siswa. Untuk mengembangkan pengalaman mereka, para guru juga perlu berpartisipasi sering sedemikian macam lokakarya atau seminar. Siswa diharapakan menikmati proses belajar karena mereka terlibat dalam pembelajaran tersebut. Bahan pengajaran yang menarik juga meningkatkan motivasi siswa dan minat belajar bahan. Oleh karena itu perencanaan sangat diperlukan dalam suksesnya kegiatan mengajar dan proses belajar. Tidak hanya sekedar materi yang diberikan kepada siswa, tetapi lebih kepada proses bagaimana siswa dapat menelaah materi dengan baik. Dengan demikian kemajuan di dunia pendidikan akan diraih.

Diriku dan Dirinya

Ketika hidup telah diamanahkan oleh-NYA. Apa daya tak ada yang mengelak kuasa. Kini diri ini terbaring lemah menghirup akan udara matematika. Dentingnya detik yang bergulat dalam waktu diri ini kuasa mempelajarinya. Hanya pembenaran yang dilakukan matematika saat diri pantas diterima. Meyakinkan melangkah tanpa asa. Mengobarkan semangat yang tak kunjung reda. Demi nya 'matematika'. Walau kadang hati tak sesuai rencana, jiwa berlawanan, pikiran menghilang. Tapi semua hanya untuknya. Kan digoreskan batuan emas di dalamnya di atas butir cinta.

TEACHER TO DEVELOP MODEL FOR SECONDARY MATHEMATICS TEACHING: Action Research of Indonesian Secondary Mathematics Teaching




By Dr. Marsigit M.A., Y.Sato, Sugeng Mardiyono, Eko Sulistyowati, Bardi

Kesimpulan Membaca
Sistem pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam mengajar matematika umumnya masih bersifat klasik dan formal. Metode yang dipakai biasanya menawarkan apakah ada pertanyaan dari siswa dan kemudian memberikan tugas. Metode ini sering digunakan oleh para guru. Padahal dalam kenyataannya metode ini monoton. Sehingga dilakukan sebuah penelitian untuk meningkatkan kualitas pengajaran matematika. Hasil penelitian menyatakan guru dapat meningkatkan pengajaran dengan memfasilitasi kebutuhan kompetensi akademik siswa, mendorong siswa agar menjadi pembelajar yang aktif, mencari variasi metode agar lebih menarik, dan mengembangkan alat bantu serta bahan pengajaran. Misalnya melalui lembar kerja kemudian melakukan kegiatan diskusi, dan mempresentasikan dengan kelompok lain dalam upaya pemecahan masalah.

Kamis, 24 November 2011

Memanfaatkan Microsoft Word 2007 Sebagai Media Pembelajaran Geometri di SMP


Oleh Dr. Marsigit M.A.

Concluding Remark

Microsoft Word 2007 software is one of the medium an easy to learning geometry in SMP. This software is available on all a new generation of computers, netbooks, notebooks. So the more creative SMP’s teacher expression in inviting students to learn geometry. Facilities contained in Microsoft Word 2007 is complete enough to make the wake-up geometry and other applications related to geometry. Students are more interested, not bored and happy, because students jump directly create geometric forms. Especially they can develop ideas that emerge through Microsoft Word 2007. So the software Microsoft Word 2007 has a positive benefit for the development of student learning and creativity smp’s student.

Kegiatan Penelitian Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika


Oleh Dr. Marsigit M.A.

Concluding Remark

Mathematics education research is very important for reform mathematics education. This research includes students in the learning process, the fit between objectives with learning outcomes, and basic competence has been achieved. Results of research can be reference in refining the program. To educational research activities are always attached to mathematics education activities, teachers should do :
Planning for mathematics learning environment
- Determine the source of the necessary teaching
- To plan activities that are flexible
- Plan the physical environment of learning mathematics
- Involve students in creating a learning environment of mathematics
Develop students' social environment
- To work together to plan activities
- Encourage students to appreciate each other
- Browse the students' feelings about mathematics
- Develop mathematical models
Plan mathematical activities
- Plan mathematical activities are balanced in terms of: material,time, trouble, activities, etc.
- Plan mathematical activities that are open (open-ended)
- Plan activities according to student ability
- Develop mathematical topics
- Build mental math
- When and where help students?
- Use a variety of teaching brag (books vary)

Jumat, 18 November 2011

Developing Teacher Training Textbooks for Lesson Study in Indonesia


By Dr. Marsigit M.A.

Kesimpulan Membaca
Buku panduan matematika khususnya untuk siswa SMP memang sangat membantu guru dalam mengajar. Dapat dikatakan sangat efektif sebagai salah satu media pembelajaran. Akan tetapi dalam pembentukan buku panduan tersebut perlu dipertimbangkan beberapa aspek, antara lain materi yang disajikan, gambar yang relevan dan menarik, tulisan, desain buku. Perkembangan buku panduan matematika SMP harus sesuai dengan keadaan yang ada. Sehingga lebih dinamis dan dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Belum tergambar jelas bagaimana kriteria buku panduan bisa dikatakan baik. Setidaknya setiap penerbitan buku panduan ini diusahakan untuk yang terbaik dan mudah dicerna bagi siswa SMP. Kebutuhan dalam pengembangan buku panduan matematika SMP perlu perencanaan dan penelitian mengenai kegiatan pemecahan masalah, bukti dan penalaran, komunikasi matematika, peran teknologi dan ICT, pengaturan konten yang sesuai dengan minat siswa agar mudah diikuti dan dipahami secara utuh. Jadi dalam proses peningkatan kualitas pengajaran, guru dimungkinkan membuat buku panduan sendiri. Oleh karena itu untuk mempersiapkan buku panduan yang baik diperlukan pelatihan, lokakarya,dan  seminar bagi para guru SMP.

Kamis, 17 November 2011

Developing ICT for Primary and Secondary Mathematics Teacher Professional Development: The Use of Video in Lesson Study


By Dr. Marsigit M.A.
Kesimpulan Membaca
Pengembangan guru profesional dengan merefleksikan konteks mengajar matematika di Jepang melalui VTR (Video Tape Recorder) di Indonesia dianggap sangat baik dan membantu kegiatan belajar mengajar. Dengan cara memutar materi matematika melalui video kemudian membentuk kelompok kecil untuk melakukan diskusi. Tetapi sebagian besar guru yang mengikuti pelatihan menyatakan bahwa tidak mudah untuk menerapkan VTR. Dikarenakan kurangnya waktu, kesiapan siswa yang kurang mendukung, dan fasilitas pendidikan belum memadai. Mereka optimis seiring berjalannya waktu mampu menerapkan model tersebut dengan menambah jam mengajar serta meningkatkan kesiapan siswa. Para guru berharap model ini dapat disebarluaskan dan dikembangkan serta berharap mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan sekolah-sekolah lainnya.

Selamat Datang

Selamat datang di blog saya. Semoga bermanfaat......