By
Dr. Marsigit M.A. and Ida Supadmi
Kesimpulan Membaca
Penelitian ini bertujuan untuk
mengatasi masalah yang ditemukan di kelas dari 2 kelas
SMP 5 Wates
Sekolah, Kulon Progo
Yogyakarta, Indonesia di tiga kuartal pertama
tahun akademik 2001/2002. Pendekatan penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu
mengajar, yang digunakan sebagai model pembelajaran dalam belajar mengajar matematika melalui tindakan
penelitian kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan penelitian
dengan menggunakan beberapa alat bantu
mengajar seperti di papan paku,
karet tangan, bermain kartu, lembar kerja siswa, simpul
kertas, transparansi kertas, benang sipat, tiga
bilah kayu bisa digunakan
sebagai model dalam pengajaran matematika
untuk meningkatkan motivasi siswa
dalam proses belajar mengajar. Hal ini
merupakan salah satu upaya guru dalam meningkatkan kualitas siswa dengan
memperhatikan daya tarik siswa terhadap pelajaran matematika. Memaksimalkan penggunaan
alat bantu pengajaran seperti lat demonstrasi diharapkan dapat membantu proses
abstraksi siswa dimana merupakan salah satu kesulitan siswa dalam mempelajari
matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar