By Dr. Marsigit M.A.
Kesimpulan Membaca
Pengembangan guru profesional dengan
merefleksikan konteks mengajar matematika di Jepang melalui VTR (Video Tape
Recorder) di Indonesia dianggap sangat baik dan membantu kegiatan belajar
mengajar. Dengan cara memutar materi matematika melalui video kemudian membentuk
kelompok kecil untuk melakukan diskusi. Tetapi sebagian besar guru yang
mengikuti pelatihan menyatakan bahwa tidak mudah untuk menerapkan VTR.
Dikarenakan kurangnya waktu, kesiapan siswa yang kurang mendukung, dan
fasilitas pendidikan belum memadai. Mereka optimis seiring berjalannya waktu mampu
menerapkan model tersebut dengan menambah jam mengajar serta meningkatkan
kesiapan siswa. Para guru berharap model ini dapat disebarluaskan dan
dikembangkan serta berharap mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan
sekolah-sekolah lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar