Selasa, 29 November 2011

PURSUING GOOD PRACTICE OF SECONDARY MATHEMATICS EDUCATION THROUGH LESSON STUDIES IN INDONESIA


By Dr. Marsigit M.A.

Kesimpulan Membaca

Mengejar praktek yang baik dalam cara mengajar matematika merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dimulai dari meningkatkan kinerja guru dan menjadikan guru lebih profesional dalam hal mengajar. Pendidikan di perguruan tinggi dengan mempersiapkan calon guru yang lebih terampil. Sehingga dosen harus mengetahui tentang masalah yang dihadapi para guru. Dengan lesson study sangat disarankan untuk mempromosikan praktek yang baik dan ilmu mengajar matematika. Guru perlu membudayakan inovasi dalam proses belajar mengajar. Siswa merasa tidak jenuh dan rileks dalam memperdalam ilmu pengetahuan. Akan tetapi tidak luput dengan siswa yang diperhatikan. Mereka dilatik menjadi pelajar yang aktif dan selalu mempunyai semangat dalam mengembangkan potensi dalam dirinya. Dalam mengembangkan metode pembelajaran, guru perlu memikirkan bahan yang menarik, rencana kegiatan mengajar yang interest, mempersiapkan tugas, mengembangkan metode penilaian, dan memantau kemajuan prestasi siswa. Untuk mengembangkan pengalaman mereka, para guru juga perlu berpartisipasi sering sedemikian macam lokakarya atau seminar. Siswa diharapakan menikmati proses belajar karena mereka terlibat dalam pembelajaran tersebut. Bahan pengajaran yang menarik juga meningkatkan motivasi siswa dan minat belajar bahan. Oleh karena itu perencanaan sangat diperlukan dalam suksesnya kegiatan mengajar dan proses belajar. Tidak hanya sekedar materi yang diberikan kepada siswa, tetapi lebih kepada proses bagaimana siswa dapat menelaah materi dengan baik. Dengan demikian kemajuan di dunia pendidikan akan diraih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar